Mobile Legends

Onic Esports Juara MPL Season 11, Tumbangkan Evos Legends

Onic Esports Juara MPL Season 11, Tumbangkan Evos Legends. Turnamen Mobile Legends Professional League Indonesia Season 11 (MPL S11) resmi berakhir, Minggu (9/4/2023). Tim Onic Esports keluar sebagai juara setelah mengalahkan Evos Legends dalam pertandingan tujuh game terbaik (Best of 7/BO 7) dengan skor 4-0. Dengan kata lain, tim Onic Esports menjadi juara back to back setelah sebelumnya menjuarai MPL ID S10.

Sebagai pemenang, tim yang dijuluki “Sang Raja Langit” itu berhak mendapatkan trofi dan cincin juara. Tidak hanya itu, mereka juga mendapatkan medali dan masing-masing smartphone Samsung Galaxy S23 Ultra. Di luar kedua hadiah itu, Onic Esports dan Evos Legends sebagai Grand Finalist MPL S11 memperoleh kesempatan untuk mengharumkan nama Indonesia di ajang Mobile Legends Southeast Asia Cup (MSC) 2023 bulan Juni mendatang.

Pertempuran didominasi Onic Esports

Babak Grand Final MPL S11 berlangsung berat sebelah. Dalam laga BO7 ini, Onic Esports menggunakan susunan roster yang terdiri dari SANZ, Kairi, CW, Butsss, dan Kiboy. Di sisi lain, Evos Legends diwakili oleh Tazz, Hijumee, Branz, DreamS, dan Saykots. Pada permainan pertama, Onic tampak mendominasi daerah top lane pada menit ke-3 sampai-sampai Evos harus mundur sementara.

Menit ke-9, Evos tampak sangat defensif, berbeda dengan Onic yang agresif. Semenit kemudian, Onic berhasil merebut Lord tanpa ada gangguan sama sekali dari Evos. Duel sengit pun terjadi di kandang “Sang Macan Putih”, di mana Onic Kairi dengan hero Fanny mendapatkan double kill yang krusial pada menit ke-12 kemudian langsung membawakan kemenangan pertama untuk Onic dengan total skor 17-3.

Setelah permainan yang berat sebelah, pertempuran Onic dan Evos pada game kedua tampak lebih seimbang karena keduanya bertukar kill dengan skor 4-4 pada menit ke-6. Namun, keseimbangan itu tidak berlangsung lama karena lagi-lagi, “Sang Landak Kuning” kembali melakukan push tanpa henti dan mengurungi Evos di kandangnya sendiri. Evos mati kutu dalam menghadangi serangan Lord dan tim Onic sehingga turret-nya hancur pada menit ke-14.

Beralih ke permainan ketiga, kedua tim finalis itu saling ‘kejar-kejaran’ poin eliminasi dengan skor 6-6 pada menit ke-9, dan dari segi perekonomian pun tidak berbeda jauh. Situasi makin memanas di daerah top lane, di mana Onic CW berhasil mendapatkan Mega Kill. Evos Branz dan Evos Hijumee selalu diincar dan tidak diberi kesempatan untuk bermain. Meski permainan ini mencerminkan perlawanan yang kuat oleh Evos dibanding dua match sebelumnya, team fight tetap dijuarai Onic yang berhasil melakukan wipe out pada menit ke-14.

Untuk meraih kemenangan, Evos harus mempersiapkan mental baja dan melakukan reverse sweep. Sayangnya, performa Onic SANZ, Kairi, dan CW tidak tertandingi sehingga akhirnya “Sang Raja Langit” ini memenangkan babak Grand Final dengan skor 4-0.

Pada akhirnya, Onic Esports sukses mempertahankan tahta “Raja Galaxy” MPL S11 dari “kudeta” Evos Legends. Onic SANZ pun dinobatkan sebagai MVP (Most Valuable Player) MPL kesebelas ini. Kemenangan tim ini menandakan keempat kalinya Onic Esports keluar sebagai juara, tepatnya di MPL S3, S8, S10, dan kini S11. Seperti yang sebelumnya sudah disebutkan, turnamen MPL S11 sendiri memiliki total hadiah uang 300.000 dollar AS (sekitar Rp4,5 miliar).

Kedua Grand Finalist pun menyabet “tiket” untuk bertandang dalam ajang MSC 2023 di Kamboja pada 10 Juni – 18 Juni 2023.¬†Onic Esports dan Evos Legends nantinya bakal berlaga melawan sepuluh tim Mobile Legends terkuat di Asia Tenggara, mulai dari Kamboja, Filipina, hingga Malaysia. Tidak hanya itu, MSC 2023 akan diramaikan pula oleh perwakilan dari kawasan Timur Tengah (MENA), Amerika Utara, dan Turki untuk pertama kalinya.

Termasuk Onic Esports dan Evos Legends, berikut daftar lengkap ranking tim pada ajang MPL ID S11 sebagaimana dikutip KompasTekno dari Liquipedia, Minggu (9/4/2023) :

  • Juara pertama : Onic Esports
  • Juara kedua : Evos Legends
  • Juara ketiga : Alter Ego Esports
  • Posisi keempat : RRQ
  • Posisi kelima/keenam : Bigetron Alpha
  • Posisi kelima/keenam : Geek Slate
  • Posisi ketujuh : Rebellion Zion
  • Posisi kedelapan : AURA Fire